IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG): ANTARA PELUANG DAN TANTANGAN
PROCEDINGS || Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2015 || Transformasi Pendidikan dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia
Lamongan, 31 Desember 2015 || ISBN: 978-602-73955-0-3
Penerbit : STKIP PGRI Lamongan
Penulis : Hartono
PDF VERSI CETAK/ASLI SERTIFIKAT
Abstrak
Implementasi Pendidikan Profesi Guru (PPG prajabatan) merupakan tonggak kemajuan pembangunan kualitas guru di tanah air bila dilaksanakan secara demokratis, objektif, terbuka, akuntabel, dan bermartabat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional sebagaimana yang diamanatkan Undang- Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Model PPG prajabatan konsekutif yang dipilih pemerintah sebagai upaya untuk mengendalikan lulusan PPG yang berkualitas perlu mendapatkan dukungan dari kalangan masyarakat luas, hal ini sebagai implikasi atas semangat dan konsistensi pemerintah dalam memberikan tunjangan profesi pendidik sebesar 1 gaji pokok kepada guru yang tersertifikasi. Terdapat peluang sekaligus tantangan bagi LPTK penyelenggara dan peserta untuk berkompetitif mutu pada tingkat tinggi, merupakan fenomena penting dalam pembangunan guru di tanah air yang harus diwujudkan sebagai bagian dari pembangunan bangsa Indonesia menuju sosok suatu bangsa yang bermartabat dan memiliki daya saing tinggi pada tingkat regional, nasional, dan internasional.
Kata kunci: Pendidikan profesi guru, peluang dan tantangan.