PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL MENILAI DISKRIPTIF PARAGRAF BAGI GURU SMP NEGERI SE-SURABAYA

SNHRP-I || Inovasi, Teknologi, dan Pendidikan Guna Mewujudkan Indonesia Sejahtera di Era Industrialisasi 4.0
21 Desember 2018 || ISBN: 978-602-5793-40-0
Penyelenggara : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penulis 1     : Endang Mastuti Rahayu
Penulis 2     : Endah Yulia Rahayu
Penulis 3     : Hertiki
Penulis 4     : Salim Nabhan
PDF VERSI CETAK/ASLI

ABSTRAK
Pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan pelatihan kepada guru-guru SMP mata pelajaran Bahasa Inggris untuk menulis dan membuat penilaian writing dengan baik. Karena pendidikan maupun pelatihan-pelatihan yang diikuti guru belum memampukan para guru untuk melakukan penilaian writing dengan baik, minimal sudah mengubah paradigma tentang pentingnya penilaian writing bagi peserta didik. Peserta pelatihan adalah guru-guru SMP Negeri di Surabaya yang aktif dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejumlah 91 guru. Masa pelatihan dilaksanakan dengan teknik in dan on, maksudnya in adalah pelatihan yang dilaksanakan selama 2 jam di kampus, sedangkan onnya peserta mengerjakan tugas di rumah dan dikumpulkan melalui email. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: lembar angket dan lembar tugas yang dikerjakan ditempat dan dikerjakan dirumah. Hasil analisis angket adalah: guru-guru tersebut benar-benar setuju untuk menilai komponen bahasa pada paragraph diskriptif dan memilih metode penilaiannya yang sesuai, Sedangkan hasil analisis tugas peserta berdasarkan analisa content validity Aiken yang mencapai 0,869 dengan alpha 5%. Artinya hanya 5% dari mereka yang benar-benar mampu membuat dan mengadakan penilaian writing paragraph diskriptif. Kesimpulan dari hasil pelatihan adalah harus dilakukan secara berkelanjutan karena pelatihan yang dilakukan insidental saja, tidak memperbaiki kemampuan menilai seorang guru.

Kata kunci: menilai writing, diskriptif paragraf, literasi penilaian writing