PENGARUH METODE (DISKUSI VS SIMULASI), PENGETAHUAN AWAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Author: Suhari, S1 – Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

Keyword : Metode diskusi, metode simulasi, pengetahuan awal, gaya belajar, hasil belajar
Sumber pengambilan dokumen : Prosiding Seminar Nasional 1000 Doktor, Oktober 2014, ISBN: 978-602-0923-15-4, Universitas Negeri Malang

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh metode, pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. Penelitian menggunakan desain faktorial non equivalent control group design (2 x 2 x 2). Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data pengetahuan awal diperoleh melalui tes, data gaya belajar diperoleh melalui Index of Learning Style (1LS) dimensi aktif dan reflektif, data hasil belajar diperoleh dari pastes. Hasil penelitian: (1) ada perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan metode diskusi dan simulasi. (2) ada perbedaan hasil belajar yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan rendah. (3) ada perbedaan hasil belajar yang memiliki gaya belajar aktif dan reflektif. (4) tidak ada pengaruh interaksi metode dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar. (5) tidak ada pengaruh interaksi metode dan gaya belajar terhadap hasil belajar. (6) tidak ada pengaruh interaksi pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar. (7) ada pengaruh interaksi metode, pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar PDF File