Kemampuan siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 17 surabaya dalam menyelesaikan soal SPLDV Menggunakan strategi think
SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA 2015 || Membangun Tradisi Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan
30 Mei 2015 || ISBN: 978-979-8559-54-9
Penerbit : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Penulis 1: Yusdita Mareta Rahmadani
Penulis 2: Lydia Lia Prayitno
PDF
VERSI CETAK/ASLI
Abstrak
Penguasaan konsep-konsep matematika merupakan hal yang utama dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 506C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik Sekolah Menengah Atas (SMA), menyatakan bahwa aspek penilaian matematika dalam rapor dikelompokkan menjadi tiga aspek, yaitu pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk melatihkan pemikiran metakognisi adalah strategi THINK. Strategi THINK pada pembelajaran meliputi Talk (T), How (H),
Identify (I), Notice (N), dan Keep (K). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X-MIA 5dalam menyelesaikan soal SPLDV. Subjek penelitian ini adalah3 siswa kelas X-MIA 5 SMA Negeri 17 Surabaya yang berada pada kategori berkemampuan tinggi (S1), kemampuan sedang (S2) dan kemampuan rendah (S3). Dari hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa siswa dengan kemampuan tinggi (S1) berada pada kategori baik dengan perolehan skor 32, siswa dengan kemampuan sedang (S2) berada pada kategori baik dengan perolehan skor 30, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah (S3) berada pada kategori kurang dengan perolehan skor 17.