Identifikasi Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep-Konsep IPA Biologi Sekolah Dasar

ICETA 5 || International Conference on Education Technology of Adi Buana
24 Mei 2014 || ISBN: 978-979-3870-58-8
Penerbit : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Penulis  : Imas Srinana Wardani
PDF VERSI CETAK/ASLI

Abstrak: Rendahnya minat belajar siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 11 Surabaya pada pembelajaran kalimat majemuk dikarenakan konsep penguasaan kalimat majemuk belum dikuasai siswa secara benar. Siswa kurang antusias dalam menerima pelajaran sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, guru berupaya menerapkan metode pembelajaran kalimat majemuk yang tepat, sehingga tercipta siasana belajar yang menyenangkan, menantang, dan hasil belajar optimal. Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan kartu klausa sebagai media pembelajaran kalimat majemuk bertujuan menciptakan kondisi belajar yang diharapkan. Melalui kegiatan kerja kelompok merangkai beberapa kartu klausa dengan kata penghubung yang tepat, siswa akan mendapatkan pengalaman secara langsung dalam menciptakan kalimat majemuk, Dengan demikian siswa akan dapat menguasai konsep kalimat majemuk dengan benar.
Kata kunci : kalimat majemuk, metode kooperatif ,Think Pair Share, dan media kartu klausa