UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 4 WARU TAHUN AJARAN 2012-2013

Oleh : Amalia Budi Akasyah, Elly Fidiyawati, Wiwik Fitriyawati, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran QTL.

Kegiatan belajar yang dilakukan guru sebagian besar menggunakan model pembelajaran langsung, oleh sebab itu guru harus kreatif dalam mengelolah pembelajaran di kelas. Salah satu Model Pembelajaran yaitu QTL, dapat memudahkan proses balajar mengajar, membuat pembelajaran yang efektif dan optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelit ian ini adalah “Apakah dengan melalui model pembelajaran QTL dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Waru Tahun Ajaran 2012/2013?� Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya Model Pembelajaran QTL pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Waru Tahun Ajaran 2012-2013.
Adapun objek yang akan diteliti adalah prestasi belajar siswa. Untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan soal kuis yang diselesaikan secara individu. Keberhasilan penelitian dilihat dari meningkatnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas sebelum penelitian adalah 75. Pada kegiatan pra siklus diperoleh prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 52,94%. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 70,58%. Siklus II prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 88,24%. Simpulan dari penelitian adalah dengan menggunakan model pembelajaran QTL dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Waru tahun ajaran 2012-2013.

PDF