PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X

Oleh : Yuli Rahmawati, Veti Novita Sari, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil belajar, Persamaan Kuadrat.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang saat ini diterapkan kebanyakan adalah pembelajaran langsung. Selama proses pembelajaran lebih berpusat/ terfokus pada guru, serta sehari-hari kelas diisi dengan ceramah, sementara siswa dipaksa menerima dan menghafal materi pembelajaran. Disisi lain, pembelajaran hendaknya berorientasi pada siswa. Untuk itu, peneliti memilih suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Berdasarkan hal tersebut maka rumus n masalah yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika sub pokok bahasan persamaan kuadrat pada siswa kelas X ?.
Pembelajaran kooperatiftipe STAD(Student Team Achievement Division) itu sendiri merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 45 orang siswa secara hiterogen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes subjektif. Data hasil tes siswa selanjutnya akan di analisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa tes belajar matematika secara klasikal telah mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75% sampai dengan siklus II sebesar 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika sub pokok bahasan persamaan kuadrat pada siswa kelas X.

PDF