PENANAMAN KONSEP OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATERI PECAHAN KELAS 3 SD MELALUI PLASTIK TRANSPARAN DAN PUZZLE PECAHAN

Oleh : Choirul Akladah, Niluh Putu Rut Christiani, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, plastik transparan dan puzzle pecahan, kelas 3 SD

Di sekolah sering sekali siswa bisa mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan baik tetapi mereka tidak mengerti dari mana konsep pengerjaan soal tersebut. Padahal anak kelas III SD, lebih memahami jika pembelajaran itu nyata dari pada pembelajaran itu masih abstrak. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang bisa memperkuat konsep siswa dengan menggunakan alat pembelajaran yang bisa membantu siswa mengkonkretkan konsep yang abstrak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental dengan desain penelitian One Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di LSM ISCO Foundation di Kapas Madya IV A/ 02 Surabaya sebagai populasi dan peserta didik kelas 3 SD sebagai sampel (kelas eksperimen) yang terdiri dari 15 peserta didik. Hasil belajar peserta didik sebelum diberikan pembelajaran melalui penanaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan pada materi pecahan kelas 3 SD melalui plastik transparan dan puzzle pecahan sebesar 53,4 dan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik setelah diberikan pembelajaran melalui penanaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan pada materi pecahan kelas 3 SD melalui plastik transparan dan puzzle pecahan sebesar 71,7 (nilai hasil belajar meningkat). Artinya konsep pemahaman anak tentang operasi penjumlahan dan pengurangan(penanaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan pada materi pecahan kelas 3 SD) meningkat.

PDF