MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERDASARKAN TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Oleh : AÂ’imatun Na,imah , S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Bangun Ruang Sisi Lengkung, teori belajar van Hiele.

Tulisan ini menjelaskan tentang rancangan pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berdasarkan Teori belajar Van Hiele. Model pembelajaran ini menempatkan siswa dalam beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4 – 5 orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerja, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran dan kemudian siswa bekerja dalam kelompoknya. Kemudian seluruh siswa diberikan test tentang materi pelajaran tersebut. Teori belajar Van Hiele dikembangkan oleh dua pendidik berkebangsaan Belanda, Pierre Marie van Hiele dan Dina van HieleGeldof. Menurut van Hiele dalam belajar geometri perkembangan berpik ir siswa terjadi melalui 5 tingkat, yaitu: Tingkat 0 (Visualisasi), Tingkat 1 (Analisis), Tingkat 2 (Abstraksi), Tingkat 3 (Deduction), dan Tingkat 4 (Rigor). Untuk meningkatkan kemampuan dan tingkat berpikir siswa dalam geometri, van Hiele mengajukan lima tahap pembelajaran yaitu: (1) Tahap Informasi (Information); (2) Tahap Orientasi Terbimbing (Guided Orientation); (3) Tahap Ekplisitasi (Explicitation); (4) Tahap Orientasi Bebas (Free Orientation); dan (5) Tahap Integrasi (Integration).Dalam tulisan ini akan dibahas tentang contoh penerapan Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berdasarkan Teori belajar Van Hiele pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.

PDF