MODEL PEMBELAJARAN BARBASIS MASALAH (PBM) BERLANDASKAN PADA TOERI BRUNER PADA POKOK BAHASAN PECAHAN

Oleh : Umi Nadliroh , S1 – Pendidikan Matematika

Jerome Bruner menyatakan bahwa belajar matematika berhasil jika proses pengajaran diarahkan kepada konsep-konsep dan struktur-struktur yang terbuat dalam pokok bahasan yang diajarkan. Agar proses mempelajari suatu pengetahuan atau kemampuan berlangsung secara optimal, pengetahuan atau kemampuan tersebut perlu dipelajari secara bertahap dimulai dengan mempelajari pengetahuan secara aktif dengan menggunakan benda-benda kongkrit atau menggunakan benda nyata. Kemudian pengetahuan itu diwujudkan dalam bentuk gambar yang menggambarkan situasi konkrit dan akhirmya pengetahuan itu direpresentasikan dalam bentuk-bentuk abstrak. Salah satu model pembelajaran yang dilandasi teori bruner adalah model pembelajaran berbasis masalah (PMB). PBM merupakan pola pembelajaran yang menghadapkan siswa pada masalah nyata yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam PBM ada 5 langkah utama yaitu Orientasi siswa pada masalah, Mengorganisasi siswa untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Keyword : Pembelajaran berbasis masalah (PMB), Teori Bruner

gdlhub–uminadliro-629-1-44.umi-h