PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP

Oleh : Nur Susilowati, S1 – Pendidikan Matematika

Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi untuk membekalai peserta didik agar memiliki kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Kenyataan yang penulis jumpai adalah bahwa dalam proses pembelajaran dikelas, sering sekali siswa dianggap sebagai wadah kosong yang dapat diisi ilmu pengetahuan atau informasi apa pun oleh guru. Penulis jarang menemukan guru yang benar-benar aspek perasaan atau emosi murid, kesiapan mereka untuk belajar baik secara fisik maupun pskis. Hal yang kerap terjadi adalah guru masuk ke kelas, murid duduk manis dan diam, lalu guru langsung mengajar.Untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka penulis ingin mencoba mengembangkan perangkat pembelajaran mind mapping berbasis kontekstual pada materi persamaan linier satu variabel pada siswa SMP yang dirasa mampu memberikan suasana berbeda dalam pembelajaran.

Keyword : Pengembanagan Perangkat, Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Kontekstual, Persamaan Linier Satu Variabel.

PDF