PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA SMK KAWUNG I SURABAYA TAHUN AJARAN 2010-2011

ISBN: 978 – 979 – 3870 – 89 – 2
Oleh : Nisfil Lailatul Jauharoh, Ani Nopita, S1 – Pendidikan Matematika
Dibuat : 2011, dengan 1 file

Keyword : Think-Pair-Share, Persamaan Kuadrat

Matematika sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia secara keseluruhan, dalam mempelajari matematika diperlukan pengertian tidak cukup dengan hafalan saja. Matematika sendiri timbul dari pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran. Dalam kenyataan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam memahami matematika. Sehingga perlu diketahui aspek-aspek pembelajaran yang diduga mempunyai hubungan dengan pembelajaran matematika. Aspek-aspek pembelajaran matematika mencakup proses pembelajaran dan pemikiran kreatif, di dalam pembelajaran kesalahan siswa tidak hanya bersumber pada kemampuan siswa yang kurang melainkan peranan guru juga sangat penting dalam dunia pendidikan, hal ini dikarenakan guru berhubungan langsung dengan para siswa, guru harus bisa merencanakan suatu pembelajaran matematika yang menarik, efektif dan bermakna. Salah satu model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-Share yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok pembahasan Persamaan Kuadrat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think – pair – share terhadap hasil belajar siswa sub pokok bahasan persamaan kuadrat, apakah pengaruhnya positif atau negatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think – pair – share terhadap hasil belajar siswa sub pokok bahasan persamaan kuadrat pada siswa, perubahannya positif atau negatif.

Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kawung I Surabaya tahun ajaran 2010-2011. Dengan tekhnik pengambilan sampel dengan menghitung rata-rata nilai ketiga kelas di bidang matematika, sedangkan untuk menentukan kelas control dan kelas eksperimen menggunakan cara undian, dan diperoleh kelas AP I sebagai kelas kontrol dan kelas AP 2 sebagai kelas eksperimen. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sampel diberi tes. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes.
Berdasarkan pengujian menggunakan uji chi kuadrat menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan persamaan kuadrat pada siswa SMK Kawung I Surabaya tahun ajaran 2010-2011.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa ada pengaruh rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode ceramah. Disarankan guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan menerapkan pada pokok bahasan lain.

 


PDF File