FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DAN TEKS NARASI BAGI SISWA INKLUSI: STUDI KASUS ABK CEREBRAL PALSY

JEMBATAN MERAH || Jurnal Ilmiah Pengajaran Bahasa dan Sastra
Volume 20 || Desember 2019 || ISSN: 1907-1779
Penerbit : Balai Bahasa Jawa Timur 

Penulis 1: Tika Destria Kustanty
Penulis 2: Irfan Rifai
PDF VERSI CETAK/ASLI

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman belajar bahasa Indonesia pada materi teks prosedur siswa yang terdiaknosis cerebral palsy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang melibatkan satu orang siswa inklusi kelas 10. Responden didiagnosis mengalami cerebral palsy sejak lahir, yakni kondisi yang memengaruhi otot dan saraf, penyebabnya karena ada cedera saraf dalam otak yang mengontrol kemampuan menggunakan otot. Observasi, wawancara dan dokumentasi
digunakan untuk mengumpulkan data dari responden mengenai pengalaman belajar teks prosedur dan narasi. Observasi dan wawancara dilakukan di sekolah, sedangkan dokumentasi selain didapat dari buku catatan harian, juga didapat dari pesan WhatsApp (media sosial) yang dimiliki oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah (1) belajar teks prosedur dan narasi bagi anak terdiaknosis cerebral palsy harus santai (2), pelajaran teks prosedur dan narasi akan lebih cepat dimengerti apabila dilakukan secara berkali-kali, dan (3) penggunaan media Youtube membantu siswa inklusi lebih memahami materi belajar. Hasil penelitian diharapkan bisa memberikan kontribusi alternatif konsep pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa inklusi, utamanya bagi siswa yang didiagnosis cerebral palsy.
Kata kunci: menulis teks prosedur dan teks narasi, siswa inklusi, studi kasus

Abstract: This research aims at exploring the experience of learning Bahasa Indonesia over the procedure text of a student diagnosed cerebral palsy. This research is a case study in which it involves an inclusion student of grade 10. The respondent has been diagnosed cerebral palsy since born, that is, a condition that influences the muscles and nerves. The condition is caused by the nerve injury in the brain that controls the ability to use muscles. Observation, interview, and documentation are used to collect the data from the respondent in terms of learning experience of procedure text and narrative text.
Observation and interview was taken at school, while documentation was both got from daily book notes and also from WhatsApp messages owned by the respondent. The results of this research are (1) the learning of procedure text and narrative text for a student diagnosed cerebral palsy must be done relaxingly, (2) the lesson of procedure text and narrative text can be more quickly understood if it is done many times, (3) the use of Youtube also helps the inclusion student understand the materials. The results of this research is expected to be able to give alternative contribution of learning concept of Bahasa Indonesia for inclusion students, especially for students who are diagnosed cerebral palsy.
Keywords: writing procedure text and narrative text, inclusion student, case study