PENGARUH PEMBELAJARAN WEB ONLINE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 8 SURABAYA

PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL RISET DAN PENGABDIAN || Inovasi, Teknologi dan Pendidikan Guna Mewujudkan Indonesia Sejahtera Di Era Industrialisasi 4.0 
21 Desember 2018 || ISBN: 978-602-5793-40-0
Penerbit : Adi Buana University Press
Penulis 1: Fitria Hansyah Fatmasari
Penulis 2: Rina Asamul
PDF VERSI CETAK/ASLI

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Web online terhadap aktivitas belajar siswa pada SMK Negeri 8 Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dengan Pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa SMK Pariwisata di Surabaya. Sampel penelitian ini sejumlah 30 kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran web online dan jumlah 30 kelompok kontrol pembelajaran langsung. Data penelitian aktivitas belajar diperoleh setelah melakukan penilaian pada kelas eksperimen yaitu, dengan pembelajaran web online dan penilaian pada kelas kontrol, yaitu dengan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siswa yang dengan pembelajaran web online, lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan pembelajaran langsung.
Kata kunci: Web online dan Aktivitas Belajar

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of online Web learning on student learning activities at SMK Negeri 8 Surabaya. The design of this study uses the Quasi Experimental method. The design used was Nonequivalent Control Group Design with Pretest-posttest control group design. The population was all Tourism Vocational School students in Surabaya. The sample of this study was 30 experimental groups using online web learning and the number of 30 direct learning control groups. Data on learning activity research was obtained after making an assessment in the experimental class, that is, with online web learning and assessment in the control class, namely with the direct learning model. The results showed that student learning activities in students with online web learning were significantly higher than students who only received direct learning.

Keyword: Web online and learning activity