PENERAPAN STRATEGI PLANNING MATRIX TERHADAP GURU TKLB DALAM MEMBERIKAN INTERVENSI DINI ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER

JURNAL DISABILITAS
Jilid 2 || Nomor 1 || Februari 2018 || ISSN: 2580-9415
Penerbit : Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKhl) Kalimantan Selatan
Penulis 1: Muchamad Irvan
Penulis 2: M. Nurrohman Jauhari
Penulis 3: Tantra Sakre
PDF VERSI CETAK/ASLI

Abstrak: Planning Matrix, merupakan suatu kerangka kerja sederhana berbentuk tabel
yang mengutamakan pendekatan positive partnership. Tujuannya adalah untuk
mempermudah proses identifikasi karakteristik, menentukan metode pembelajaran, dan
mengevaluasi anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Planning Matrix perlu
digunakan setiap guru sebagai strategi memberikan intervensi dini anak dengan ASD.
Intervensi dini merujuk pada program layanan khusus yang sengaja dirancang untuk
anak-anak berkebutuhan khusus dalam rangka mencegah atau memperkecil potensi
terjadinya keterlambatan dan mengoptimalkan perkembanganya. Dalam praktiknya,
program intervensi dini perlu dirancang agar dapat menentukan metode dan model
penanganan yang tepat. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-B Putra Harapan
Bojonegoro dengan subjek penelitian guru TKLB. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan One group pre-test and post-test design. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data non-parametrik yaitu tes rangking bertanda
Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test ) yang diberi simbol T.Berdasarkan
analisis data, diketahui bahwa hasil Z hitung = -3,320 dengan P = 0,001 pada taraf
signifikasi 5%. Hasil tersebut lebih kecil dari 0,05 dapat terbukti kebenarannya.
Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan
Ha diterima yang menyatakan “Penerapan strategi Planning Matrix efektif bagi guru
TKLB dalam memberikan intervensi anak dengan ASD di SLB-B Putra Harapan
Bojonegoro”.
Kata kunci: intervensi dini, autism spectrum disorder, planning matrix