PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) BAHASA INDONESIA MAHASISWA ADI BUANA SURABAYA


SASTRANESIA || Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Volume 3 || Nomor 4 || Agustus 2015 || ISSN: 2337-7712
Penerbit : LP21 STKIP PGRI Jombang Kampus STKIP PGRI Jombang

Penulis  : Mimas Ardhianti

PDF VERSI CETAK/ASLI

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (mengkaji) penerapan dan hasil penerapan menulis surat resmi dengan metode contextual teaching and learning. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata mahasiswa dan mendorong mahasiswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang diambil untuk penelitian ini berdasarkan pada lembar angket, lembar observasi, dan tes hasil belajar mahasiswa. Sedangkan sumber data yang diambil yaitu 36 mahasiswa Jurusan Teknik Industri Kelas B Angkatan 2016 Universitas Adi Buana Surabaya (terlalu spesifik). Dari hasil angket,  mahasiswa sangat terbantu dalam menulis surat resmi dengan model CTL. Dari hasil observasi, dalam proses pembelajaran mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan cara berkelompok. Sedangkan dari hasil tes diketahui bahwa hasil dari pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mahasiswa mendapatkan nilai tertinggi dengan konversi 4 atau predikat A dan nilai terendah dengan konversi 2,8 atau predikat C. Jika diamati dari nilai rata-rata kelas didapatkan nilai dengan konversi 3,6 atau predikat A-. Jadi, dapat dismpulkan bahwa pembelajaran menulis surat resmi (lowongan pekerjaan) telah memenuhi standar kelulusan minimal.

Kata kunci : Menulis surat resmi, Contextual Teaching and Learning (CTL)