PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN MAHASISWA UNIPA SURABAYA


SEMNAS || Penguatan Kualitas Pendidikan Tinggi Melalui Publikasi Ilmiah Bereputasi 
5 Oktober 2017 || ISBN: 978-602-72990-7-8
Penerbit : LPPM Universitas PGRI Madiun
Penulis  : Mimas Ardhianti

 

PDF VERSI CETAK/ASLI SERTIFIKAT

Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan model Problem Based Instruction (PBI) pada
mata kuliah Penyuntingan mahasiswa Unipa Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Data yang diperoleh berupa hasil belajar mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil yang diperoleh kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan penghitungan statistik populasi kelas eksperimen dan kelas kelompok dinyatakan bervarians yakni kelas eskperimen 0,872 dan kelas kontrol 1,320. Data dari hasil penilaian mahasiswa memiliki nilai rata-rata kelas eksperimen 8,86 dan kelas kontrol 6,29. Simpulan dari penelitian maka kegiatan menyunting akan lebih baik jika diterapkan
dengan model pembelajaran yang sesuai seperti PBI dalam kegiatan belajar-mengajar.
Kata Kunci: Model Prolem Based Instruction, penyuntingan