Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Kuliah Metode Statistika


SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2017 || Memantapkan Karakter Semangat PAGI (Peduli, Amanah,  Gigih dan Inovasi) Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika
13 Mei 2017 || ISBN: 978-979-3870-53-3
Penerbit : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penulis  : Sri Rahmawati Fitriatien

PDF VERSI CETAK/ASLI

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena sejauh ini, catatan mahasiswa dalam sistem perkuliahan masih menggunakan catatan dalam bentuk yang monoton untuk mata kuliah metode statistika. Mata kuliah ini sebenarnya mata kuliah yang berisi banyak rumusan-rumusan penting yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai bekal dalam menyusun skripsi. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi atau perbedaan tersendiri dalam menyusun materi perkuliahan agar mudah diingat serta dipahami oleh mahasiswa hingga diaplikasikan penggunaannya dalam menyusun skripsi. Tidak jarang bahwa penulisan materi yang disajikan dalam bentuk catatan perkuliahan yang monoton menyebabkan pengemasan materi dalam ingatan hanya bertahan dalam masa jangka pendek, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami alur dan kaitan materi yang satu dengan yang lainnya yang berimbas pada hasil belajar untuk mata kuliah metode statistika. Peneliti menyajikan salah satu alternatif dalam menulis materi perkuliahan yaitu menggunakan strategi mind mapping. Diharapkan dari penulisan materi perkuliahan dengan mind mapping mampu membantu mahasiswa dalam melakukan eksplorasi pemahaman suatu materi sehingga memiliki jangka waktu yang panjang untuk memahami dan menyimpan materi dalam ingatan mahasiswa. Melalui strategi ini, mahasiswa mampu menjawab 6 butir pertanyaan dari 8 pertanyaan yang diajukan peneliti yang direpresentasikan mendapat nilai baik. Melalui strategi penulisan catatan mata kuliah dengan mind mapping menyatakan bahwa hasil belajar mahasiswa yang mengampu mata kuliah metode statistika sebagaian besar memperoleh nilai B+, yang artinya bahwa mind
mapping merupakan salah satu alternatif yang direkeomendasikan dalam menulis
catatan perkuliahan yang menarik.
Kata Kunci : catatan perkuliahan, mind mapping, menarik, hasil belajar