PELATIHAN MENTAL ARITMATIKA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KREATIVITAS


ARKETIPE || Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
Volume 6 || Nomor 2 || November 2005 || ISSN: 14411-6634
Penerbit : Fakultas Psikologi Universitas Putra Bangsa Surabaya

Penulis 1: Andriana Dwi Siswanti
Penulis 2: Mudhar

PDF

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan uniuk mengetahui apakah ada pengaruh pelatihan mental aritmatika terhadap peningkatan kreativitas. Penelitian ini dilakukan di SDN Sawahan 2 Surabaya dengan jumlah sampel 60 orang siswa. Siswa yang menempuh level I sebanyak 12 orang, level II sebanvak 28 orang sedangkan yang telah menempuh level III sebanyak 20 Orang.

Hasil analisis diperoleh r .* 0,658 dan r2 = 0,433 dengan p = 0,000 (p<0,010) yang berarti ada koralasi yang sangat signifikan antara kemampuon mental aritmatika dengan kreativitas dengan demikian dapat dikatakan bahwa mental ariunatika dapat meningkatkan kreativitas siswa.