SANGGIT

Penulis       : Pana Pramulia, S.Pd., M.Pd

Pengantar     : Prof. Dr. Setya Yuwana Sudikan, MA
Penyunting    : Dr. Sunu Catur B., M.Hum
Penata Letak  : Penyair Amatir
Desain Sampul : Abrahams Mikael F., S.Pd.

DAFTAR ISI

BELAJAR NYANGGIT

Nuwun kawula nuwun. Sukur bagja sewu. Alhamdulillah, akhirnya saya diberi kekuatan Gusti Kang Maha Suksma, Tuhan Yang Maha Esa untuk menyelesaikan buku ini. Buku ini merupakan hasil dari pemadatan tesis saya di Universitas Negeri Surabaya yang berjudul “Lakon Bale Gala-Gala Wayang Kulit Jawa Timuran (Struktur Lakon, Struktur Pergelaran, dan Makna Filosofis)”.

Awalnya, saya ragu untuk memadatkan tesis tersebut menjadi sebuah buku. Pertama, saya memiliki tingkat kemalasan yang tinggi sehingga bisa jadi di tengah jalan buku ini nglemprak begitu saja. Kedua, saya tidak mempunyai banyak dana untuk menerbitkan buku ini. Ketiga, saya berpikir bahwa buku ini tidak akan laku di pasaran. Alasan terkahir itu jelas permasalahan perekonomian saya yang masih naik turun seperti nilai kurs rupiah terhadap dolar Amerika.

Rupanya banyak teman yang mendorong agar saya menulis buku, khususnya buku tentang wayang kulit. Motivasi mereka hampir sama. Ada yang berkata “Diterbitkan sedikit saja dan dibagi-bagikan”. Juga ada yang usul “Dicetak sepuluh saja dan jangan dijual.” Ada juga yang memberi saran “Dicetak sesuai kondisi keuangan lalu dijual ke teman-teman yang berminat.” Dari motivasi-motivasi yang berharga itu saya mulai berpikir yang akhirnya mengerjakan pelan-pelan dengan penuh kegembiraan dan selesai.

Buku ini sebenarnya bukan buah pemikiran saya semata, melainkan juga dari guru-guru saya. Prof. Dr. Setya Yuwana Sudikan, M.A., guru saya, Dosen pembimbing tesis yang banyak memberikan ilmu, pengetahuan, dan pengalaman tentang penelitian pakeliran yang sungguh bermanfaat dan menggembirakan hati saya. Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., Dosen pembimbing tesis yang mengoreksi habis-habisan dan memberikan penguatan.

Prof. Dr. Henri Supriyanto, M.Hum., yang banyak memberikan arahan, meluangkan waktu untuk berdiskusi. Dr. Sunu Catur Budiyono, M.Hum., bapakku di Surabaya yang membimbing dan menggenjot penulis sejak S1 hingga S2, memotivasi penulis untuk segera menyelesaikan buku ini. Ki. Sinarto, S.Kar., M.M., yang dengan gembira mengijinkan saya melakukan penelitian dan wawancara intensif. Ki. Sumadi yang menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan Jawa dan kesenian tradisional Jawa kepada saya, serta meluangkan waktu untuk berdiskusi. Salam takdim dumateng pepundhen-pepundhen kula sedaya.

Terima kasih yang tak terhingga pula saya haturkan kepada Dr. M. Shoim, M.Pd., yang bersedia dengan gembira menjadi guru dan teman diskusi, Ki. Herman Sinung Janutama yang secara pelan-pelan membantu membuka pemahaman saya tentang filosofi Jawa yang agung. Ki. Budi Palopo yang dengan penuh bercerita tentang filosofi Jawa yang saya tak pernah menduganya. Kedua orang tua yang setiap hari senantiasa mendaraskan doa untuk saya dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan di sini. Nuwun.

Buku ini berjudul sanggit. Sanggit merupakan jarwa dhasak dari gesange anggit yang bermakna daya atau hasil olah pikir. Sanggit dalam dunia pakeliran memiliki makna penafsiran dalang tentang cerita lakon wayang kulit. Berdasarkan hal tersebut melalui buku ini saya berusaha membuka pemahaman saya terhadap pergelaran wayang kulit. Nuwun sewu, amba arsa mbuka kawruh babagan pakeliran.

 

Hak cipta dilindungi Undang-undang. Dilarang memperbanyak atau memindahkan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun, secara elektronis maupun mekanis, termasuk memfotokopi, merekam atau dengan teknik perekam lainnya tanpa izin tertulis dari penerbit.