EVALUASI KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH BOLA VOLI DASAR KELAS B ANGKATAN 2016 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA


JURNAL SPORTIF || Jurnal Penelitian Pembelajaran
Volume 2 || Nomor 2 || November 2016 || ISSN: 2477-3379
Penerbit : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Penulis  : Ismawandi Bripandika Putra

PDF

Abstrak

Permainan bolavoli adalah suatu permainan beregu. Satu regu terdiri dari 6 orang. Permainan bolavoli memakai penilaian secara rally pain_ Permainan bolavoli dinyatakan game dengan mendapat angka 25.

Menurut Kemdikbud (2013:239), Permainan bolavoli termasuk salah satu materi yang ada dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang meliputi teknik passing, serve, spike, dan block. Dalam kurikulum Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Mata Kuliah Bola Voli diajarkan pada semester 1 dan 2, terbagi dalam Bola Vali Dasar dan Bola Voli Lanjut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain one group pretest-posiest design. Subjek penelitian ini mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Kelas B sejumlah 47 orang (43 putra dan 4 putri).
Hasil tes service bawah 7,83, sedangkan untuk hasil tes passing bawah adalah sebesar 7,83. Pada tes spike/smash diperoleh hasil 7, 42, dan pada tes block diperoleh hasil sebesar 5,87. Berdasarkan pada keempat tes teknik dasar dalam bola voli diperoleh hasil hanya pada teknik block saja yang memiliki rata-rata nilai kurang. ini bisa dikarenakan ada beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil atau kemampuan block seseorang, diantararya adalah timing yang tepat untuk melakukan hadangan. Bisa menjadi bahan valuasi kembali dalam perkuliahan Bola Voli dasar membutuhkan drill tambahan untuk teknik block ini.