STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN VAN HIELE DAN PENDEKATAN GAGNE PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMPK ANGELUS CUSTOS II SURABAYA


PROSIDING || Seminar Nasional || Menyiapkan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi MEA
14 Mei 2016 || ISBN: 978-979-8559-72-3
Penerbit : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penulis  : Restu Ria Wantika

PDF VERSI CETAK/ASLI

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan van Hiele lebih baik daripada yang diajar dengan pendekatan Gagne. Hipotesis yang diajukan adalah prestasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan van Hiele lebih baik daripada yang diajar dengan pendekatan Gagnepada materi Segitiga di kelas VII SMPK Angelus Custos II Surabaya.
Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Angelus Custos II Surabaya tahun ajaran 2010-2011 yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang diajar menggunakan pendekatan van Hiele dan kelas VII C sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diajar menggunakan pendekatan Gagne. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes.
Dari analisis data data didapatkan hasil perhitungan dengan uji normalitas terhadap skor tes siswa menunjukkan sampel berdistribusi normal, hasil perhitungan dengan uji homogenitas terhadap skor tes siswa menunjukkan kedua sampel memiliki varians homogen, dengan mengunakan uji-t diperoleh t hitung 2,598 lebih dari t daftar yaitu 1,67 sehingga Ho ditolak artinya prestasi belajar siswa yang diajar pendekatan van hiele lebih baik daripada yang diajar pendekatan Gagne.
Kata kunci: pendekatan van hiele , pendekatan Gagne.