Penggunaan Canting Elektrik Upaya Peningkatan Produktifitas Membatik Pada Mahasiswa Seni Rupa Universitas PGRI Adi Busana Surabaya

SEMINAR NASIONAL || Pengembangan Budaya Nusantara Berbasis Industri Kreatif Menyambut Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
28 Mei 2015 || ISBN: 978-979-3870-53-3
Penulis  : Suparman
email : suparman@unipasby.ac.id

PDF

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanan produktivitashasil jadi batik tulis dengan menggunakan teknik membantiktulis dari aspek penggunaan canting manual yang selama ini dilakukan oleh pengrajin batik dengan penggunaan canting elektrik dilihat dari kecepatan pengerjaan dan kualitas hasil jadi batik tulis yang dihasilkan. Sasaran penelitian ini adalah efektifitas pengunaan alat cantik sebagai media untuk membuat batik tulis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan analisa dan menguji hasil perbedaan hasil jadi batik tulis dari kualitas kekuatan warna, motif dan kecepatan pengerjaan pada aplikasi jenis kain terhadap kain kain katun dan kain mori dengan melakukan serangkai uji coba oleh mahasiswa program studi Seni Rupa semester 6. Dalam penelitian ini populasi adalah serat kain katun dan kains. Adapun cara pengambilan data sampel adalah dua lembar kain yang terdiri dari serat katun mori dengan potongan masing-masing berukuran 50cm x 100cm, jumlah kain yang digunakan dalam pengujian ini diambil masing-masing sebanyak 10 lembar yang akan mengalami proses pewarnaan dengan sistem celup. Dari hasil analisis laboratorium ditinjau dari sisi warna yang dihasilkan baik canting manual maupun elektrik sama.karena proses pengerjaan baik dalam pencelupan warna motif yang diinginkan dan warna dasar batik proses mengejakan sama. Jika mengunakan canting elektrik dalam membatik, malam yang digoreskan dalam desain batik hasilnya lebih rapi karena perapian dalam canting elektrik labih statbil.Sehingga warna yang dihasilkan terhindar dari kesan tidak meratarata.Cara kerjanya juga mudah, hanya tinggal memasukkan lilin keras ke dalam tabung dan menunggu sebentar agar lilin itu cair.sehingga warna yang dihasilkan sangat cerah.