PENERAPAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 32 SURABAYA TAHUN AJARAN 2013-2014


Seminar Nasional Pendidikan Matematika || Membangun Paradigma Baru Pembelajaran Matematika Melalui Implementasi Kurikulum 2013
10 Mei 2014 || ISBN: 978-979-8559-51-8
Penerbit : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Penulis 1: Susilo Hadi
Penulis 2: lnsan Nur' Illah
Penulis 3: Irma Rolchmatul Latifah

PDF

ABSTRAK

Seorang guru yang menggunakan suatu metode diharapkan dapat memberikan kesenangan dan kepuasan pada siswa yang merupakan salah satu faktor dalam memotivasi siswa agar mampu menggunakan pengetahuannya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi.

Salah satu metode pembelajaran yang efektif adalah problem possing atau pengajuan masalah (soal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode problem posing dengan siswa yang diajar menggunakan metode diskusi di kelas VII SMPN 32 Surabaya tahun ajaran 2013- 2014.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 32 Surabaya dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 siswa dan VII-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Metode tes ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika siswa (posttest) setelah diberi treatment (perlakuan) dan mencari perbedaan hasil belajar matematika siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisa data kuantitatif Uji-T.

Dari hasil perhitungan analisis data dan uji hipotesis dengan Uji-T, diketahui bahwa t-hitung = 4,417

dan t tabel = 2,021. t-hitung berada di daerah penolakan Ho, karena t

-hitung > ttabel 4,417 > 2,021 . Maka Ho ditolak, sehingga H, diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem posing dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode diskusi. Hal ini berarti penerapan metode pembelajaran problem posing mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 32 Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *