PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER DAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN


PROSIDING SEMINAR NASIONAL || Pengembangan Teknologi Ramah Lingkungan Menuju Keberlanjutan Lingkungan Hidup
27 Juni 2013 || ISBN: 978-979-8559-91-4
Penerbit : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penulis 1: Nur Fathonah
Penulis 2: Sri Rahayu

PDF

ABSTRAK

Dalam kamus bahasa Indonesia karakter diartikan sebagai sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Pembelajaran matematika realistik, merupakan sebuah inovasi baru dalam pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran realistik ini siswa dapat belajar matematika dengan lebih mudah, aktif, inovatif, kratif serta menyenangkan. Dengan pembelajaran matematika realistik ini siswa dapat belajar matematika dengan lebih konkret karena siswa langsung belajar melalui kehidupan kesehariannya. Melalui sifat pembelajaran matematika realistik yang berbasis lingkungan ini, dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan karakter dan kepedulian siswa terhadap kondisi sosial disekitarnya. Adapun cara untuk menumbuhkembangkan kepedulian siswa ini dapat dilakukan dengan memberikan suatu kondisi lingkungan masyarakat kemudian siswa diajak untuk diskusi tentang kondisi lingkungan tersebut, apakah sudah ideal atau belum. Dengan adanya pengarahan “plus” dari guru terhadap pembelajaran matematika realistik ini dtharapkan mampu menumbuhkembangkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Implikasi dari perkembangan kepedulian siswa adalah terciptanya insan cerdas sekaligus memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *