STANDARDISASI PENULISAN RESEP MASAKAN DENGAN MENGUNAKAN BAHASA INDONESIA

Oleh : Susilowati, S1 – Pendidikan Bahasa Indonesia (diana_evawati@yahoo.com)

Pengetahuan resep dan menu, mutlak diperlukan dalam menghasilkan beraneka ragam jenis masakan karena resep dan menu memuat informasi yang sangat penting dalam merencanakan dan melaksanakan pengolahan makanan. Resep memuat petunjuk — petunjuk tentang apa yang akan dibuat, bahan apa yang dibutuhkan, berapa banyak bahan yang diperlukan dan bagaimana prosedur kerjanya dalam mengolah suatu hidangan. Namun demikian, resep masakan yang ada terkadang tidak dapat dipraktikkan dalam pengolahan hidangan karena penulisan sistematik resep, ukuran dan tata cara pengolahannya tidal( jelas. Resep yang tidak standar akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda dalam memahami resep yang dihasilkan. Resep yang tidak standar akan menyulitkan dalam memahami prosedur pengolahan yang dimaksud sehingga hasil masakan tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pembuat resep.
Resep adalah seperangkat instruksi yang memuat petunjuk untuk membuat suatu hidangan. Resep memberi petunjuk secara saksama dan tepat mengenai jumlah bahan, cara mencampur, mengolah dan prosedur kerja untuk suatu hidangan, supaya kita dapat melakukan hal yang sama seperti yang diinginkan oleh resep tersebut. Di samping itu, resep juga merupakan cara untuk menerapkan teknik — teknik dasar bahan yang spesifik.
Standardisasi penulisan resep masakan dengan mengunakan Bahasa Indonesia memungkinkan pesan resep dapat tersampaikan dengan baik dan tidak terjadi kesalahan penentuan bahan, proses pengolahan dan hasil masakan yang dihidangkan. Standardisasi penulisan resep sangat bertujuan memberikan instruksi prosedur pengolahan masakan yang sangat berguna bagi orang yang belajar memasak khususnya siswa dan mahasiswa tata boga atau masyarakat yang bemiinat di bidang kuliner.

PDF