MEMBANGUN KARAKTER BERBASIS CERITA

Oleh : Rarasaning Satianingsih, Lydia Lia Prayitno, S1 – Pendidikan Bahasa Indonesia

Penanaman nilai, moral, dan norma dalam upaya pembentukan karakter hares dilaksanakan sejak dini. Pendidikan karakter tidak hanya untuk membangun karakter pribadi berbasis kemuliaan semata, tetapi secara bersamaan juga bertujuan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa, yang bertumpu pada kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara. Melalui pendidikan diharapkan pelaksanaan pendidikan karakter dapat terlaksana dengan optimal, sistematis, dan simultan.
Banyak langkah yang dapat dilakukan dalam menanamkan nilai, moral, dan norma sebagai upaya pembentukan karakter melalui pendidikan di sekolah. Salah satu cara pembentukan karakter di sekolah dapat dilakukan melalui media cerita. Melalui cerita (terutama cerita rakyat), anak akan mendapatkan pesan moral yang bernilai positif dan disampaikan secara implisit. Sehingga pesan yang disampaikan melalui cerita secara tidak langsimg akan membentuk karakter generasi.
Pada umumnya cerita rakyat merupakan budaya yang sudah dikenal secara turun temurun, serta mengandung nilai-nilai yang baik maupun yang buruk. Melalui media cerita rakyat siswa menginternalisasi juga mengeksternalisasi nilai-nilai claim kehidupannya, sehingga nilai-nilai yang baik dapat dijadikan sun tauladan sedangkan nilai-nilai yang buruk dapat dihindari oleh siswa.

PDF