PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER DAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN

Author:

Nur Fathonah, nurfathonah@unipa.ac.id

Sri Rahayu, srirahayu@unipasby.ac.id

Abstract:

Dalam kamus bahasa Indonesia karakter diartikan sebagai sifat-sifat
kejiwaan , akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang
lain.Pembelajaran matematika realistik, merupakan sebuah inovasi baru dalam
pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran realistik ini siswa dapat belajar
matematika dengan lebih mudah, aktif, inovatif, kratif serta menyenangkan. Dengan
pembelajaran matematika realistik ini siswa dapat belajar matematika dengan lebih
konkret karena siswa langsung belajar melalui kehidupan kesehariannya. Melalui
sifat pembelajaran matematika realistik yang berbasis lingkungan ini, dapat
dimanfaatkan guru sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan karakter dan
kepedulian siswa terhadap kondisi sosial disekitarnya. Adapun cara untuk
menumbuhkembangkan kepedulian siswa ini dapat dilakukan dengan memberikan
suatu kondisi lingkungan masyarakat kemudian siswa diajak untuk diskusi tentang
kondisi lingkungan tersebut, apakah sudah ideal atau belum. Dengan adanya
pengarahan “plus” dari guru terhadap pembelajaran matematika realistik ini
diharapkan mampu menumbuhkembangkan kepedulian siswa terhadap lingkungan.
Implikasi dari perkembangan kepedulian siswa adalah terciptanya insan cerdas
seklaigus memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya.

Keyword : pembelajaran matematika realistik, karakter dan Kepeduliah lingkungan