PROBLEMATIKA BIMBINGAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI RUMAH DAN DI SEKOLAH

Oleh : Muhammad Farid Abdillah, Degi Kharisma Rachman, Linda Fauziah, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Keaktifan siswa dalam proses bimbingan belajar

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Mengenai masalah pendidikan di Indonesia secara umum disebabkan oleh beberapa faktor yaitu efektifitas, efisiensi dan standart pengajaran. Adapun masalah khusus dalam pendidikan di Indonesia yaitu rendahnya sarana fisik, rendahnya kualitas pengajar, rendahnya kesejahteraan pengajar, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan dan mahalnya biaya pendidikan. Dalam kegiatan belajar mengajar, siswa masih mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran karena pelajaran yang semakin sulit. Jika siswa dari awal tidak dapat bisa memecahkan masalah sejak dini, maka siswa akan mengalami kesulitan, hasilnya siswa malas dalam sekolah maupun belajar.Dari latar belakang kami mengambil rumusan masalah bagaimana cara menangani problematika bimbingan belajar yang ada di sekolah dan di rumah? tujuannya untuk mengetahui penanganan problematika bimbingan belajar yang ada di rumah dan di sekolah Problematika bimbingan belajar di rumah dan di sekolah diantaranya menunjukkan prestasi yang rendah yang dicapai oleh kelompok kelas dan hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan. Seorang guru dalam memberikan layanan bimbingan belajar harus tetap berporos pada terselenggaranya Proses Belajar Mengajar. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu jenis layanan bimbingan belajar yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Maka jenis layanan bimbingan belajar yang dapat dan seyogianya dijalankan oleh para guru, antara lain : Mengumpulkan informasi mengenai diri siswa, memberikan informasi berbagai kemungkinan jenis program dan keaktifan siswa dalam proses bimbingan belajar.

PDF