PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BENTUK AKAR PADA SISWA KELAS X PEMASARAN 2 SMK DR. SOETOMO SURABAYA

Oleh : Nella Arsita Tamara, Nailul Izzah, Nailil Muna, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Model PembelajaranKooperatif tipe NHT, Metode Permainan, Bentuk Akar, Kompetensi Belajar Matematika.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa guru menggunakan model pembelajaran langsung di mana guru hanya menyampaikan materi dan menyuruh siswa mengerjakan LKS.Rendahnya penerapan pembelajaran yang memuat kegiatan diskusi yang menyebabkan siswa hanya bergantung pada guru dan kurang bisa menggali informasi sendiri akibatnya siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan kompetensi belajar matematika rendah, salah satu pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Metode Permainan.Metode pengumpulan data menggunakan data dokumentasi dan tes subjektif yang terdiri dari dua siklus. Data yang diperoleh merupakan hasil tes siswa. Hasil ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa, yaitu 61,9% pada siklus I menjadi 90,47% pada siklus II.Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode permainan dapat meningkatkan kompetensi belajar matematika pokok bahasan bentuk akar pada siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Dr. Soetomo Surabaya.

PDF