MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV)

Oleh : Lestari, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Model pembelajaran berbasis masalah, Strategi metakognitif

Tulisan ini memaparkan tentang penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan strategi metakognitif pada materi persamaan linear satu variabel (PLSV). Adapun alasan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan strategi metakognitif adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa, yaitu pada apa yang dipikirkan siswa selama mereka mengerjakan bukan pada apa yang sedang dikerjakan siswa. Guru memfungsikan diri sebagai pembimbing dan fasilitator sehingga siswa dapat belajar untuk berpikir dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Hal ini dapat terwujud melalui suatu bentuk pembelajaran alternatif yang dirancang sedemikian rupa sehingga mencerminkan keterlibatan siswa secara aktif yang menanamkan kesadaran metakognisi dalam pemecahan masalah. Melalui pengembangan kesadaran metakognisi, siswa diharapkan akan terbiasa untuk selalu memonitor, mengontrol dan mengevaluasi apa yang telah dilakukan.

PDF