IMPLEMENTASI GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK) PADA PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN

Oleh : Krismiati , S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : gaya belajar VAK, model pembelajaran MMP,Bilangan Bulat dan Pecahan

Tulisan ini memaparkan tentang implementasi gaya belajar VAK (Visual, Auditori Dan Kinestetik) dalam pelaksanaan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) pada pokok bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan, dimana siswa dilatih untuk memahami materi dengan banyaknya mengerjakan soal-soal latihan atau lembar kerja . Implementasi gaya belajar VAK (Visual, Auditori Dan Kinestetik) dalam pelaksanaan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) yaitu pembelajaran yang mengkombinasikan ketiga kebiasaan belajar (melihat, mendengar dan bergerak) yang diimplementasikan kedalam model pembelajaran MMP, model pembelajaran MMP meliputi langkah- langkah; (1) review (2) pengembangan (3) latihan terkontrol (4) seat work/kerja mandiri (5) penugasan/ pekerjaan rumah (PR). Model pembelajaran MMP merupakan suatu program untuk membantu guru dalam hal efektivitas penggunaan latihan-latihan agar siswa mencapai peningkatan memecahkan masalah. Latihan-latihan yang dimaksud adalah lembar tugas proyek.

PDF