EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET DI KELAS XI-AK3 SMK NEGERI 1 SURABAYA TAHUN AJARAN 2012-2013

Oleh : M. Azrul Anwar, Wenny Ariani Yunindra, S1 – Pendidikan Matematika

Keyword : Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Barisan dan Deret.

Model pembelajaran kooperatif sangat cocok untuk mendorong siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu pendekatan struktural dalam pembelajaran kooperatif adalah pendekatan Think-Pair-Share (TPS). TPS merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa TPS memiliki tiga tahap yaitu Think (berfikir), Pair (berpasangan), Share (berbagi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika yang dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, keterampilan kooperatif siswa, respon siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas XI-AK3 SMK Negeri 1 Surabaya. Data diperoleh dari lembar pengamatan, angket, dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik/efektif. (2) Aktivitas siswa efektif. (3) Keterampilan kooperatif siswa efektif. (4) Respon siswa positif, dan (5) Ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas XI-AK3 SMK Negeri 1 Surabaya efektif.

PDF