PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA


MAJALAH EKONOMI || Telaah Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis
Volume XVI || Nomor 1 || Juli 2012 || ISSN: 1411-9501
Penerbit : Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penulis  : Suharyanto

PDF

ABSTRAK
Penelitian ini tentang layanan administrasi dan kinerja pegawai masih belum sesuai dengan harapan lembaga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang menghasilkan lulusan di bidang pendidikan dan mampu menghasilkan kader bangsa berperilaku profesional, mampu melakukan riset dan memiliki jiwa kewirausahaan. Salah satu kuncinya adalah pengelolaan sumber daya manusia melalui Kepemimpinan sebagai aktivitas utama dalam pencapaian tujuan organisasi serta Budaya Organisasi yang dilaksanakan merupakan faktor dalam penentuan kinerja pegawai.
Penelitian ini untuk mengkaji: 1)Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Budaya Organisasi secara simultan terhadap Kinerja Pegawai di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 2)Pengaruh Gaya Kepemimpinan secara parsial terhadap Kinerja Pegawai di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, dan 3) Pengaruh budaya Organisasi secara parsial terhadap Kinerja Pegawai di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Metode dalam penelitian ini menggunakan survei melalui kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dengan jumlah sampling 91 responder yang merupakan pejabat struktural di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Kelayakan instrumen diuji melalui tes validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan metode regresi berganda dengan bantuan program SPSS v.19.
Hasil analisis data diperoleh bahwa: (1)Secara simultan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai dengan melalui uji model summary (R2) sebesar memberi sumbangan 42,8 % dan dari uji Fhitung ditunjukkan dengan nilai 32,917 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak Ha diterima artinya variabel bebas secara simultan mempengaruhi variabel terikat. (2)Secara parsial Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai dari thitung sebesar 3,664 dan ttabei 1,96 serta nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho yang diajukan ditolak Ha diterima dan memberi sumbangan sebesar 34,4 %. dan (3)Secara parsial Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai dari thaung sebesar 4,338 dan ttabel 1,96 serta nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho yang diajukan ditolak Ha diterima dan memberi sumbangan sebesar 40,7 %.