Potensi Serbuk Daun Seligi (Phyllanthus Buxifolius) Sebagai Antihiperlipidemik Alami Berbasis Herbal Penurun Kolesterol Daging Ayam Broiler

Nama             : Wardah
NIDN             : 0008076101
Perguruan Tinggi : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Nama             : Tatang Sopandi
NIDN             : 0004076302
Perguruan Tinggi : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

LATAR BELAKANG

Ayam broiler adalah salah satu ternak penghasil daging, berpotensi sangat baik dalam memenuhi kebutuhan daging.  Pada masa akhir pertumbuhan (finisher) ayam terjadi peningkatan massa lemak tubuh berlebihan di dalam otot karena didukung karakteristik pakan berenergi tinggi dan pola pemeliharaan.

Penyediaan daging ayam broiler rendah lemak dan kolesterol akhir-akhir ini semakin diperlukan, terutama bagi masyarakat yang menjalani program diet lemak tinggi serta beresiko terhadap gangguan kardiovaskuler dan kolesterol.

Solusi alternatif penggunaan tanaman herbal yang berpotensi menurunkan lemak dan kolesterol daging sebagai feed supplement alami yang mudah didapat dan biaya relatif murah perlu terus dikembangkan untuk menghasilkan daging rendah lemak dan kolesterol daging ayam broiler.

Tanaman genus Phyllanthus dikenal sebagai tanaman kaya komponen metabolit sekunder, berkhasiat sebagai  antihiperlipidemik dan mampu menurunkan kolesterol (Obianime et al., 2008 dan Umbare et al., 2009). Daun seligi (Phyllanthus buxifolis)  mengandung flavonoid, tannin, saponin dan pektin cukup tinggi (Wardah, 2010).