UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI – IPA SMA TARUNA SURABAYA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TAHUN AJARAN 2011 – 2012

Oleh : Muhammad Virdausi, Masykur Arifin, S1 – Pendidikan Matematika

Pembelajaran matematika di sekolah selama ini cenderung hanya proses transfer informasi, menghafal rumus, dan menyelesaikan soal dengan rumus tersebut sehingga pembelajaran matematika kurang bermakna. Dibutuhkan upaya untuk mengefektifkan proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika yang dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipeTGT di kelas XI IPA SMA TARUNA Surabaya.

Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Taruna Surabaya tahun pelajaran 2011-2012, dengan jumlah populasi 27 siswa.Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dan penerapannya menggunakan metode kooperatif tipe team games turnament (TGT). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang selanjutnya hasil belajar yang diperoleh dari siswa akan dianalisis untuk memperoleh ketuntasan belajar secara klasikal dengan standar yang telah ditetapkan dari SMA TARUNA Surabaya.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwah hasil belajar siswa secara klasikal telah mengalami peningkatan dari siklus I sampai pada siklus II. Siklus I ketuntasan belajar sebesar 44%, siklus II ketuntasan belajar sebesar 87%, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu melalui penerapan model kooperatif tipe team games turnament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika.

Keyword : TGT, Hasil Belajar

PDF