PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT

Oleh : Marina Novitasari, S1 – Pendidikan Matematika

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi warga negara. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang diarahan kepada mencerdaskan kehidupan bangsa Jika pendidikan di sekolah yang dilakukan tidak dapat diterima siswa sesuai dengan nalarnya, maka akan mempengaruhi respon siswa termasuk dalam prestasi belajarnya.

Rendahnya prestasi belajar juga merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran matematika, khusunya matematika sekolah. Hal ini terbukti dengan rendahnya nilai UH, UAS ataupun nilai UAS siswa SMA.Permasalahan yang sama juga dialami oleh siswa kelas X SMA di Kediri khususnya untuk materi persamaan dan fungsi kuadrat. Hal ini dimungkinkan karena pengemasan pembelajaran yang kurang menarik.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka penulis ingin mencoba menerapkan pengembangan perangkat pembelajaran e-learning dengan media power point pada materi persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian permasalah yang ada.

Pembelajaran e-learning dengan media power point merupakan pembelajaran yang berorientasikan pada media elektronik, yang bertujuan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diharapkan pembelajaran e-learning dengan media power point dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.

Keyword : Pembelajaran E-learning, Media, Power Point, Persamaan Dan Fungsi Kuadrat.

PDF