PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Oleh : Abdul Muiz (math.muiz@gmail.com)

Identitas suatu bangsa dapat dilihat dari karakter dan budaya dari setiap warga negaranya. Sedangkan karakter dan budaya dari setiap warga negaranya tersebut dapat dipengaruhi oleh tingkatan pendidikan. Berdasarkan argumen tersebut, maka dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pendidikan mempunyai peranan penting dalam pembentukan dan pengembangan karakter dan budaya suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan generasi yang mampu bersaing dalam kehidupan dan dapat dimungkinkan akan menjadi pemegang kendali kehidupan itu sendiri, sebaliknya apabila terjadi kesalahan dalam mengelola pendidikan dapat dimungkinkan generasi yang terbentuk adalah generasi yang lemah dan hanya akan menjadi beban bagi kehidupan. Pendidikan yang berkualitas dapat diperoleh dengan mengembangkan dan menggunakan model yang memungkinkan adanya interaksi antara tenaga pendidik dan peserta didik serta berorientasi untuk mengembangkan potensi peserta didiknya (student oriented). Model pembelajaran koperatif adalah suatu model yang kembangkan untuk lebih mengintensifkan aktivitas dan pengembangan pola pikir siswa dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa. Dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam fase-fase pembelajaran kooperatif, diharapkan akan tercipta suasana pembelajaran yang terfokus pada pengembangan pola pikir siswa, tetapi juga dapat mengembangkan karakter dan budaya bangsanya.

Keyword : Pendidikan Karakter, Budaya Bangsa Dan Pembelajaran Kooperatif

PDF