PEMBELAJARAN LEARNING COMUNITY DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA SEGITIGA SIKU – SIKU PADA POKOK BAHASAN ATURAN SINUS

Oleh : M. SafaÂ’udin, S1 – Pendidikan Matematika

Pendidikan pada dewasa ini tidak terlepas dari sistem pendidikan nasional. Dimana pendidikan dalan undang – undang No.20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya. Dalam hal ini pembelajaran menjadi salah satu kunci pokok dalam pembentukan potensi diri tersebut. Jika suatu pembelajaran yang dilakukan tidak dapat diterima siswa sesuai nalarnya, maka akan mempengaruhi respon siswa tersebut termasuk juga hasil belajarnya.

Rendahnya hasil belajar juga merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran matematika, khususnya matematika sekolah. Hal ini terbukti dengan rendahnya nilai ulangan harian (UH), ujian akhir sekolah (UAS) atupun nilai ujian nasional (UN) siswa. Hal ini dimungkinkan karena pengemasan pembelajaran yang kurang menarik.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka peneliti ingin mencoba menerapkan pembelajaran Learning Comunity dan Talking Stick dengan alat peraga segitiga siku – siku sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan aturan sinus.

Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang akan dilakukan diharapkan pembeljaran learning comunity dan talking stick dengan media segitiga siku – siku dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.

Keyword : Pembelajaran Learning Comunity dan Talking Stick, Alat Peraga Segitiga Siku-Siku, Aturan Sinus.

PDF