PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN PATH ANALYSIS (Studi Kasus di UNIPA Surabaya)

Oleh : Wara Pramesti, S1 – Statistik (estijra@yahoo.com )

Konsep marketing mix (bauran pemasaran) pada awalnya memfokuskan pada usaha bagaimana menciptakan kepuasan pelanggan pada suatu perusahaan. Pada konsep ini jika kepuasan pelanggan telah tercapai maka selesailah tugas pemasaran. Namun pada saat ini fokus atau pengertian konsep pemasaran telah berkembang dari marketing mix menjadi relationships marketing, yaitu bagaimana fokus lebih kepada mempertahankan pelanggan yang sudah ada disamping mendapatkan pelanggan bare. Marketing mix lebih menitik beratkan kepada pelanggan yang sudah ada dengan memperhatikan unsur-unsur yang ada pada bauran pemasaran, yaitu product (produk) , price (harga) , place (lokasi) dan promotion (promosi). Selanjutnya dari konsep relationships marketing, yaitu cross selling (pembelian silang), word of mouth: (komunikasi dari mulut ke mulut), retransaction commitment (komitmen melakukan transaksi kembali) dan customer loyalty (loyalitas konsumen) akan dikaitkan terhadap bauran pemasaran yang ada. Path analysis adalah suatu metode statistika yang bertujuan untuk menelusuri efek langsung maupun tidak langsung dari suatu variabel terhadap variabel yang lain. Dengan menggunakan path analysis ini akan diketahui unsur bauran pemasaran yang mana yang perlu ditingkatkan kualitasnya untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Dan hasil analisis dimana estimasi dari koefisien path analysis diketahui, maka dapat dibangun model stmktural sebagai berikut : Model 1: WOM = 0,2616 produk + 0,278 lokasi + 0,494 harga + 0,223 promosi; Model 2: Retransaction = 0,1924 produk + 0,1432 lokasi + 0,621 harga + 0, 442 promosi; Model 3: Cross Selling = 0,201 produk + 0,337 lokasi + 0,562 harga + 0, 223 promosi dan Model 4: Loyalitas = 0,589 WOM + 0,243 Retransaction + 0,112 cross selling + 0, 179 produk + 0,169 lokasi + 0,214 harga.+ 0,102 promosi. Dan model diatas dapat diambil kesimpulan, bahwa unsur yang harus diperhatikan adalah harga, karena mempunyai pengaruh paling besar terhadap WOM, yaitu sebesar 0,494. Sementara WOM adalah variabel antara yang mempunyai pengaruh paling tinggi sebesar 0,598 terhadap loyalitas mahasiswa.

PDF