UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI KETERAMPILAN GURU DALAM BERTANYA (QUESTIONING SKILLS) PADA BIDANG STUDY MATEMATIKA

Oleh : Drs. H. Sunyoto H. P., ST., M. Pd. 1) Ulif Laila Hikmiyah 2), S1 – Pendidikan Matematika

Salah satu dasar yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah matematika. Matematika merupakan suatu bidang studi yang dianggap sulit bagi siswa untuk mempelajarinya, ada pula yang beranggapan kalau pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan dianggap sukar. Untuk mengurangi kesulitan tersebut, maka seorang guru perlu mempunyai suatu keterampilan yaitu keterampilan bertanya guru agar prestasi belajar siswa dapat meningkat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Apakah Ada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Guru Dalam Bertanya (Questioning Skills) Pada Bidang Studi Matematika?”.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-2 SMA Kawung I Surabaya. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan yaitu “Ada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Guru Dalam Bertanya (Questioning Skills) Pada Bidang Studi Matematika”.

PDF