UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DRILL POKOK BAHASAN PERTIDAKSAMAAN PADA SISWA KELAS X-3 SMA KARTIKA IV-3 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Oleh : Dra. Wara Pramesti, M. Si. 1) Eka Mery Fatmawati Sukarno 2), S1 – Pendidikan Matematika

Pendidikan merupakan kegiatan yang universal di dalam kehidupan manusia. Dimanapun dan kapanpun di dunia ini terdapat pendidikan. Dalam hal ini pendidikan merupakan suatu yang di dalamnya terdapat komponen – komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Agar proses interaksi guru dan siswa sesuai dengan tujuan yang dikehendaki maka diperlukan suatu metode mengajar yang tepat, terlebih dalam proses pengajaran bidang studi matematika yang sering dianggap sulit. Salah satu metode mengajar yang bisa membuat siswa terampil memecahkan permasalahan matematika adalah metode drill (latihan). Dengan metode drill (latihan) siswa banyak berlatih mengerjakan soal – soal sehingga keberhasilan belajar siswa dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar matematika melalui metode drill pokok bahasan pertidaksamaan pada siswa kelas X-3 SMA Kartika IV-3 Surabaya tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak tiga siklus dimana tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Tempat penelitian di SMA Kartika IV-3 Surabaya dengan subyek penelitian siswa – siswi kelas X-3 SMA Kartika IV-3 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes subjektif yang terdiri dari 10 butir soal pada tiap siklusnya. Data yang berupa hasil tes siswa selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara klasikal.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar matematika siswa secara klasikal telah mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I sebesar 74,36 %, siklus II sebesar 82,05 %, dan siklus III sebesar 89,74 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode drill terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Keyword : Metode Drill, Prestasi Belajar.

PDF