UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH—LANGKAH POLYA DI KELAS X-7 MAN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Oleh : Sri Rahayu

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyempurnakan sistem pendidikan nasional adalah dengan mengadakan perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum ini diharapkan dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan pada kurikulum sebelumnya. Perubahan kurikulum dapat dilakukan dengan cam menerapkan model pembelajaran yang tepat misalnya untuk menyelesaikan soal matematika bentuk cerita diterapkan model pembelajaran Langkah-langkah Polya. Langkah-langkah Polya dapat membantu siswa dalam menyelesaikan secara unit dimulai dari apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, membuat model matematika, pelaksanaan model matematika dan memeriksa kembali hasil dari pelaksanaan model matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Langkah-langkah Polya dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika pada pokok bahasan Sistem persamaan linier di kelas X-7 MAN Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010. Permasalahan yang ingin dikaji dalam hal ini adalah: “Apakah dengan menggunakan langkah—langkah Polya dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linier di kelas X-7 MAN Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010?”.

Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan yang terakhir adalah tahap refleksi. Dalam penelitian ini lokasi penelitian telah ditetapkan di MAN Sidoarjo. Dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 MAN Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data prasiklus serta dengan menggunakan tes subjektif dalam setiap siklusnya. Data yang berupa hasil evaluasi belajar siswa selanjutnya akan di analisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara klasikal.

Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Pembelajaran dengan Langkah-langkah Polya dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika pada pokok bahasan Sistem persamaan linier dua peubah yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu siklus I (75,76%), siklus II (87,88%).

PDF