UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER)

Oleh : Prayogo1 Sulia Djauhariana2, S1 – Pendidikan Matematika (prayogounipa@gmail.com, suliadjauhariana@yahoo.co.id)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas dikaitkan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together). Sebagai subyek penelitian adalah lima (5) siswa dari 40 siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Sooko Mojokerto, yang akan dilihat partisipasinya dalam pembelajaran, sedangkan materi yang diajarkan adalah Teorema Pytagoras. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan kolaborasi antara guru dan dosen pada bulan Nopember 2009. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi subyek penelitian melalui pedoman observasi yang telah disiapkan, yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa yang ditunjukkan dengan memberikan pendapat, saran dan tenaga, tanggung jawab dalam pembelajaran, dan komunikasi timbal balik, setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat.

Keyword : partisipasi siswa, pembelajaran tipe NHT

PDF