UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENGAJARAN PEMBERIAN TUGAS INDIVIDU PADA SUB POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET KELAS XI AP.K. 1 SMK BARUNAWATI SURABAYA

Oleh : Anies Fuady, S. Pd., M. Pd. 1) Arwindah Istifani 2), S1 – Pendidikan Matematika

Untuk mencapai pendidikan yang lebih maju tentu tidak lepas dari anak didik yang mempunyai hasil belajar yang baik. Pada umumnya, orang tua selalu menginginkan hasil belajar anaknya meningkat terutama pada pembelajaran matematika. Maka dari itu peneliti dapat meneliti lebih jauh tentang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode pengajaran pemberian tugas individu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan barisan dan deret kelas XI AP.k. 1 SMK Barunawati Surabaya.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi yang digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa sebelum tindakan (pra siklus), sedangkan metode tes yang digunakan peneliti adalah tes subjektif yang berupa uraian dengan jumlah sebanyak 5 soal (dalam hal ini tes pada sub pokok bahasan barisan dan deret). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AP.k. 1 SMK Barunawati Surabaya yang terdiri dari 41 siswa yang semuanya perempuan.
Untuk menganalisis data peneliti menggunakan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat diperoleh dengan ketentuan ketuntasan siswa dalam belajar secara individu dikatakan tuntas apabila mencapai ≥ 60, sedangkan ketuntasan siswa secara klasikal dapat dikatakan tuntas apabila secara keseluruhan siswa dalam kelas mencapai ketuntasan sebesar ≥ 85 %. Sebelumnya pada ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus sebesar 51,22%. Dalam penelitian ini diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 75,61% dan siklus II sebesar 87,80%. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode pengajaran pemberian tugas individu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan barisan dan deret kelas XI AP.k. 1 SMK Barunawati Surabaya.

PDF