PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGARITMA ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SMP NEGERI DAN SISWA YANG BERASAL DARI SMP SWASTA DI SMK PAWIYATAN SURABAYA KELAS X TAHUN AJARAN 2009-2010

Oleh : Sri Rahayu

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa siswa yang berasal dari SMP Negeri prestasi belajarnya lebih berhasil dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SMP swasta, terutama pada pembelajaran matematika. Bertolak dari tanggapan masyarakat tersebut, mendorong penulis untuk meneliti lebih jauh tentang kebenaran dugaan masyarakat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logaritma antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya kelas X Tahun Ajaran 2009-2010. Berdasarkan tujuan tersebut, maka rumusan masalahnya adalah adakah perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logaritma antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya kelas X Tahun Ajaran 2009-2010?.

Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data menggunakan metode tes. Tes yang dimaksud adalah tes formatif berjenis essay dengan jumlah sebanyak 5 soal (dalam hal ini tes pada pokok bahasan logaritma). Sedangkan untuk memperoleh informasi tentang sekolah asal siswa kelas X di SMK Pawiyatan Surabaya dengan menggunakan metode dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Pawiyatan Surabaya yang terdiri atas 17 kelas. Dari populasi yang telah ada, maka dapat diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan yaitu mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas dasar tujuan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang terdiri atas 40 siswa dengan 20 siswa yang berasal dari SMP Negeri dan 20 siswa yang berasal dari SMP Swasta.

Untuk menganalisis data digunakan statistik uji t-score dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 38. Aturan keputusan yang digunakan adalah menerima hipotesis (Ho) jika – t tabel ≤ t hitung ≤ t tabel dan menolak hipotesis (Ho) jika t hitung < t tabel atau t hitung > t tabel. Dalam penelitian ini diperoleh rata-rata nilai siswa yang berasal dari SMP Negeri = 76,95 dan rata-rata nilai siswa yang berasal dari SMP Swasta = 72,15 dengan t hitung = 1,21 dan t tabel = 2,042. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa – t tabel ≤ t hitung ≤t tabel sehingga hipotesis (H0) diterima. Hal ini berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logaritma antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya kelas X Tahun Ajaran 2009-2010.

PDF