PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERLATAR BELAKANG KOOPERATIF PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN KAMPUNG DALEM 5 KEDIRI TAHUN AJARAN 2009 – 2010

Oleh : Feny Rita Fiantika, M.Pd, S1 – Pendidikan Matematika (Shell.fine@yahoo.com)

Matematika merupakan pelajaran yang menuntut kreatifitas siswa. Namun demikian dalam pembelajaran matematika sering kita temui adanya siswa yang kesulitan dalam menerima materi yang diajarkan. Kesulitan ini dapat disebabkan antara lain faktor internal yaitu : motivasi, intelegensi, minat dan keadaan psikologis siswa. Sering kita temui siswa yang kurang tertarik mengikuti pelajaran matematika bahkan ada pula siswa yang takut dan benci pada pelajaran matematika. Mungkin hal ini merupakan gejala yang disebabkan oleh materi matematika yang dipelajari dan cara penyajiannya kurang sesuai dengan kematangan siswa, sehingga kegiatan belajar-mengajar tidak bermakna dan hasilnya pun kurang memuaskan.
Demikian juga yang dialami siswa kelas 5 SDN Kampung Dalem 5 Kediri mereka sering mengeluh saat mengerjakan soal-soal matematika utamanya dalam memahami operasi bilangan bulat. Dua tahun terakhir ulangan harian untuk materi operasi bilangan bulat kelas 5A didapatkan tahun 2008 ada 6 orang yang tuntas dari 25 siswa dan kelas 5B ada 5 orang yang tuntas dari 25. Ulangan harian siswa materi operasi bilangan bulat tahun 2009 kelas 5A ada 7 anak yang tuntas dari 25 siswa dan kelas 5B ada 6 anak yang tuntas dari 25 siswa.
Pemilihan model pembelajaran yang tepat perlu diupayakan guru untuk memudahkan proses terbentuknya pengetahuan pada siswa, namun guru juga harus memperhatikan apakah model pembelajaran yang digunakan itu penerapannya sudah efektif dan koefisien. Salah satu model yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan pembelajaran open ended berlatar belakang kooperatif. Pendekatan open ended merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membangun kreatifitas siswa dan pola pikir matematis siswa yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, karena dalam pendekatan ini tujuan utamanya adalah bukan untuk mendapatkan jawaban yang benar tetapi lebih menekankan pada bagaimana cara untuk sampai pada jawaban tersebut . Pembelajaran ini dimulai dari suatu problem atau masalah yang diberikan oleh guru dan siswa mencari solusinya dengan cara yang berbeda-beda namun hasil akhirnya tetap sama antara satu siswa dengan siswa yang lain. Cara ini dapat dimanfaatkan oleh guru dari keberagaman cara yang digunakan oleh siswa sehingga akan menambah pengalaman siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan berdasarkan pengetahuan, keterampilan dan cara berpikir matematis yang telah diperoleh sebelumnyaPada pendekatan pembelajaran open ended siswa diharapkan mampu menyelesaikan suatu permasalahan
Pada penelitian ini dalam menyelesaikan masalah open ended siswa dikelompokkan dengan menggunakan fase-fase pembelajaran kooperatif supaya siswa dapat lebih mengembangkan kreatifitasnya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dalam pelaksanaanya diamati oleh dua orang pengamat yang mengamati kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi guru dan mengamati kegiatan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi guru.Dari data hasi observasi aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended diperoleh nilai rata – rata 3.33 yang bernorma sangat baik dan hasil observasi aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung diperoleh nilai rata – rata 2.7 yang bernorma baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa antara guru dan siswa terdapat hubungan timbal balik selama kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended pada pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat adalah efektif.Dari data hasil uji t didapatkan bahwa harga t hitung lebih besar daripada t table sehingga Ho ditolak dan Ha diterima., dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan open ended pada pokok materi Operasi HItung Bilangan Bulat pada siswa kelas V SDN Kampung Dalem V Kediri adalah efektif.

Keyword : Open ended, Kooperatif

PDF