Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa memilih Universitas PGRI Adibuana Surabaya Sebagai Tempat Studi

MAJALAH EKONOMI || Telaah Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis
Volume XI || Nomor 2 || Desember 2009 || ISSN: 1411-9501
Penerbit : Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penulis  : Christina Menuk S

PDF VERSI CETAK/ASLI

Abstrak
Universitas PGRI Adibuana (UNIPA) Surabaya sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta dari 306 PTS yang ada dan merupakan salah satu universitas dari 28 universitas yang berada di Kotamadya Surabaya, dengan sendirinya memiliki tingkat persaingan yang tinggi. UNIPA Surabaya menyadari akan adanya persaingan antar universitas secara global dan meningkatnya daya beli konsumen serta banyaknya jasa pelayanan pendidikan yang bermutu maka untuk menciptakan keunggulan bersaing pihak manajemen universitas harus mengetahui faktor apa yang menjadi pertimbangan mahasiswa sehingga kuliah di UNIPA Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor bauran pemasaran terhadap keputusan memilih UNIPA Surabaya. Jumlah sampel 248 orang, data didapat dengan menggunakan kuisioner dan satuan pengukuran skala likert, diuji dulu dengan validitas dan reliabilitas dengan mengambil sampel 30 orang. Untuk mengetahui pengaruh, digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji F. Hasil uji F hitung sebesar 11,255 dan t = 8,046 dengan sig = 0,000, hal ini menunjukkan bahwa faktor bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people dosen, people tata usaha, process, physical evidence, keluarga secara bersama-sama mempunyai pengaruh bermakna terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih UNIPA Surabaya. Koefisien adjusted R Square (R2) = 0,299, hal ini menunjukkan variasi variabel bebas dapat menjelaskan 29,90% terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya sebesar 70,10% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dalam penelitian ini promosi bukan merupakan faktor dominan melainkan keluarga, yang ditunjukkan dengan hasil F = 89,462 dengan sig = 0,00 dan t = 9,458. Koefisien Adjusted R Square ( R2) didapatkan hasil 0,267 yang berarti sumbangan keluarga sebesar 26,7 %. Ditemukan juga keterkaitan antara variabel Keluarga dan Promosi dimana F = 49,026 dengan sig = 0,00 dan t untuk keluarga = 8,607 sedangkan untuk promosi t = 2,562. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people dosen, people tata usaha, process, physical evidence, keluarga secara bersama-sama mempunyai pengaruh bermakna terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih UNIPA Surabaya dapat diterima, dan promosi sebagai faktor dominan tidak dapat dibuktikan, namun menjadi pertimbangan untuk diperhatikan.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan memilih